Metrik pembuatan tautan dapat membantu dalam banyak hal, tetapi juga dapat merugikan Anda jika Anda tidak hati-hati. Inilah yang perlu Anda ketahui.
Tentu saja Wanamaker tidak memiliki akun Google Analytics untuk diperiksa untuk melihat bagaimana kinerja iklannya.
Internet telah mengantar kita ke era di mana banyak orang percaya bahwa segala sesuatu dapat (dan harus) diukur dan ditindaklanjuti.
Seperti kata pepatah modern: Jika Anda tidak mengukurnya, Anda tidak peduli.
Masalahnya, meskipun kami jelas memiliki lebih banyak data daripada yang dimiliki Wanamaker lebih dari 100 tahun yang lalu, kami tidak selalu tahu data mana yang paling penting.
Lebih buruk lagi, memiliki data tidak berarti bahwa kita menggunakannya untuk membuat keputusan yang tepat.
Ini dapat diterapkan di semua saluran pemasaran digital – terutama SEO. Lebih tepatnya, terlalu mudah untuk salah paham dan menyalahgunakan data yang terkait dengan pembuatan tautan.
Saat kami mengukur titik dan metrik data yang salah, banyak hal yang tidak bagus dapat terjadi:
Mari kita lihat lebih dekat beberapa metrik pembuatan tautan yang tersedia dan menilai bagaimana kita harus – dan tidak boleh – menggunakannya.
1. Metrik Kualitas Domain dan Halaman
Tempat yang paling jelas untuk memulai adalah dengan banyaknya metrik yang berbagai penyedia alat telah dibuat untuk membantu menilai nilai dan kualitas tautan.
Berikut adalah beberapa:
Sebagian besar tersedia secara gratis. Kita semua memiliki favorit, dan banyak yang menggunakan lebih dari satu atau bahkan versi milik kita sendiri.
Apa pun yang Anda gunakan, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan jika Anda akan menggunakannya dan beberapa perangkap yang harus diwaspadai.
Gunakan Sebagai Indikator Potensi Peringkat
Banyak dari metrik ini dirancang untuk meniru cara kerja Google PageRank (yang tidak lagi kami miliki akses ke) tetapi akan jauh dari apa yang dapat dihitung dan digunakan oleh Google di seluruh web.
Mereka juga umumnya dirancang untuk memberikan gambaran tentang seberapa baik peringkat domain atau halaman dibandingkan dengan yang lain.
Metrik tersebut bukan metrik yang tepat yang dapat memberi Anda jawaban yang tepat untuk sebuah pertanyaan dan oleh karena itu tidak boleh digunakan dengan cara ini.
Sebaliknya, gunakan mereka untuk memahami satu kemungkinan alasan mengapa satu domain atau halaman dapat berperingkat lebih baik daripada yang lain: Volume dan kualitas tautan yang mengarah ke sana.
Tentu saja, ada banyak alasan mengapa satu domain dapat berperingkat lebih tinggi dari yang lain, jadi memeriksa metrik seperti Peringkat Domain atau Otoritas Domain dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana tautan dapat menjadi faktor.
Itu menjadi titik awal untuk menggali lebih dalam tautan tersebut atau untuk melihat area lain yang dapat Anda pengaruhi untuk meningkatkan peringkat penelusuran organik.
Gunakan Untuk Mengurutkan Dan Memfilter Prospek Pembuatan Tautan
Penggunaan metrik lain yang baik seperti Peringkat Domain atau Otoritas Domain adalah mengurutkan daftar domain yang besar sehingga Anda dapat memfokuskan upaya pembuatan tautan.
Meskipun ada faktor lain seperti relevansi yang perlu dipikirkan, menggunakan metrik mentah seperti ini dan mengurutkan domain dari skor tertinggi ke terendah dapat membantu.
Misalnya Anda telah mengumpulkan daftar 300 domain potensial yang tampaknya relevan dengan upaya pembuatan tautan Anda, Anda harus mencari tempat untuk memulai.
Menarik metrik dapat melakukan tugas ini dengan cukup baik sehingga Anda memulai proses pembuatan tautan dengan domain yang kemungkinan paling kuat dalam hal ekuitas tautan.
Sekali lagi, ini bukan aturan konkret, tetapi ini adalah cara yang berguna untuk menggunakan metrik ini.
Gunakan untuk Audit Profil Tautan
Jika Anda mencoba mengaudit profil tautan, Anda mungkin perlu mengumpulkan dan meninjau data pada ratusan, ribuan, atau puluhan ribu domain yang tertaut.
Saat menghadapi tugas semacam ini, menggunakan metrik dapat membantu Anda menemukan potensi masalah dengan profil tautan atau pola yang tidak biasa.
Sebagai contoh, jika Anda mengambil data untuk profil tautan Anda dan menemukan bahwa sebagian besar dari mereka memiliki Otoritas Domain atau Peringkat Domain di bawah 10, maka ini memberi Anda titik awal yang baik untuk tautan yang berpotensi berkualitas rendah.
Di sisi lain, Anda mungkin menemukan proporsi tautan Anda yang luar biasa tinggi berada dalam kisaran DA90+. Ini bisa berarti bahwa beberapa aktivitas PR digital telah terjadi sebelumnya, yang mengarah ke banyak tautan dari domain tingkat atas.
Bagaimanapun, mengumpulkan jenis metrik ini dapat memberi Anda arahan untuk sisa link audit dan tunjukkan pola yang mungkin tidak Anda temukan.
2. Atribut link – Nofollow, Sponsor, dan UGC
Selanjutnya, mari kita lihat titik data yang sangat umum yang digunakan oleh para ahli SEO saat membuat tautan – atribut tautan termasuk nofollow, disponsori, dan UGC.
Kita akan membahas nofollow karena ini adalah yang paling umum, mengingat sponsor dan UGC relatif baru.
Jangan Abaikan Nilai Tautan Nofollow Untuk Tujuan Peringkat
Secara historis, kepercayaan umum adalah bahwa tautan menggunakan atribut nofollow sama sekali tidak berdampak pada peringkat penelusuran organik.
Meskipun ada beberapa perdebatan dan bukti anekdotal yang bertentangan, hal itu diterima secara umum karena Google secara terbuka menyatakan bahwa jenis tautan ini tidak akan lolos PageRank.
Kemudian, pada tahun 2019, Google mengumumkan bahwa mereka sedikit melunakkan sikap ini dan bahwa, pada kenyataannya, tautan dengan atribut nofollow dapat dianggap sebagai “petunjuk”.
Dalam gaya Google klasik, mereka tidak menjamin bahwa mereka akan atau tidak akan melakukan ini – hanya saja mereka berhak untuk melakukannya.
Pada kenyataannya, ini mungkin berarti bahwa mereka menggunakan banyak sinyal lain untuk menentukan apakah mereka harus menghitung tautan nofollow dalam grafik tautan mereka atau tidak.
Misalnya, jika domain memiliki riwayat yang baik, konten berkualitas tinggi, dan bebas dari spam, mereka mungkin memutuskan bahwa faktor-faktor ini lebih besar daripada atribut nofollow dan PageRank harus mengalir di atasnya.
Di sisi lain, mereka mungkin melihat bahwa tautan nofollow yang dipermasalahkan berada di domain yang memungkinkan tautan buatan pengguna ditempatkan sepanjang waktu, yang menyebabkannya dimanfaatkan dan sekarang penuh dengan tautan berisi spam.
Dalam hal ini, mereka mungkin melihat bahwa penggunaan nofollow adalah tepat dan akan mengabaikan tautan ini untuk tujuan pemeringkatan.
Secara keseluruhan, karena ketidakpastian seputar Google yang menggunakan tautan nofollow (atau tidak) untuk memahami apakah suatu laman harus berperingkat lebih baik atau tidak, tidak bijaksana untuk menggunakan aturan menyeluruh bahwa mereka semua harus dihitung dengan cara yang sama seperti tautan standar.
Pada saat yang sama, kami cukup yakin bahwa Google menghitungnya setidaknya sampai batas tertentu.
Dengan asumsi Anda membangun tautan yang umumnya bagus dengan banyak atribut positif lainnya, maka merupakan aturan yang adil untuk menghitung tautan nofollow sampai batas tertentu untuk tujuan peringkat.
Ingat Nilai Lalu Lintas
Satu hal yang sering diabaikan dalam kaitannya dengan tautan nofollow adalah tautan tersebut masih memiliki kemampuan untuk mengirimkan lalu lintas ke domain Anda.
Pengguna tidak dapat membedakan antara tautan yang menyertakan atribut nofollow; mereka hanya melihat tautan yang dapat diklik.
Jika banyak orang mengeklik tautan nofollow dan akhirnya menjelajahi situs web Anda, maka jelas ada nilai di sini yang tidak boleh diabaikan.
Saya ingin memikirkan tentang bagaimana kami mendekati pembuatan tautan jika tautan itu sendiri tidak membuat perbedaan apa pun pada peringkat penelusuran organik.
Fakta bahwa tautan dapat memengaruhi hasil penelusuran organik tidak berarti bahwa kami tidak dapat tetap memiliki pola pikir dan pendekatan yang sama. Membangun tautan yang mengirimkan lalu lintas dapat menambahkan lapisan nilai lain pada pekerjaan Anda di luar peringkat.
Pada saat semakin sulit untuk mengisolasi dampak peringkat dari tautan tertentu, kemampuan untuk menunjukkan nilai Anda dengan lalu lintas akan menjadi semakin penting.
3. Tautan Dari Domain Baru vs. Yang Sudah Ada
Banyak agensi dan tim internal akan mengawasi apakah upaya pembuatan tautan mereka mengarah ke tautan dari domain baru atau yang sudah ada.
Meskipun ini bukan hal yang buruk untuk dilihat, ada beberapa cara untuk melihatnya yang mungkin tidak langsung terlihat atau awalnya dianggap berharga.
Tingkatkan Fokus Anda Pada Tautan Dari Domain Baru yang Relevan
Dengan asumsi bahwa kualitas dan relevansi tautan Anda cukup tinggi, mendapatkan tautan dari domain yang tautannya belum pernah Anda terima sebelumnya bisa lebih berharga daripada tautan yang ada – tetapi bukan karena alasan yang mungkin Anda pikirkan.
Jika Anda mendapatkan link dari domain yang belum pernah Anda tampilkan sebelumnya, Anda menampilkan diri Anda di depan audiens yang sebagian besar baru.
Meningkatkan jangkauan Anda seperti ini ke audiens yang relevan dapat memberikan manfaat di luar penelusuran organik, seperti peningkatan kesadaran merek dan pengunjung baru.
Meskipun kami tidak mengharapkan nilai apa pun dari perspektif penelusuran organik, tautan seperti ini akan menambah nilai pada pekerjaan Anda dan harus dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi digital Anda karena tautan tersebut menambah nilai nyata bagi bisnis.
Jangan Diskon Tautan Dari Domain yang Sudah Anda Miliki
Di sisi lain, saya telah melihat para profesional SEO internal (dan bahkan beberapa agensi) sepenuhnya mendiskon tautan dari domain yang telah menautkannya sebelumnya.
Alasannya tampaknya bahwa begitu mereka memiliki satu tautan, tautan apa pun di masa mendatang tidak akan berharga.
Masalahnya, link dari domain yang sama bisa menambah nilai lebih karena beberapa alasan:
Yang terakhir sangat penting bagi saya.
Jika Anda membuat tautan dari domain, Anda akan dapat melihat dengan cepat dan andal apakah tautan tersebut mengirimkan lalu lintas kepada Anda atau tidak.
Jika Anda melihat lalu lintas masuk dan lalu lintas ini tampaknya bernilai, Anda harus benar-benar mencari cara untuk bekerja dengan domain lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak tautan di masa mendatang.
Untuk Menyelesaikan
Ringkasnya, jangan biarkan metrik atau titik data apa pun mengalihkan perhatian Anda dari apa yang sebenarnya ingin Anda capai – menambah nilai bisnis.
Metrik dapat membantu Anda dalam beberapa cara, tetapi juga dapat merugikan Anda jika Anda tidak hati-hati.
Pastikan bahwa saat Anda menggunakan metrik dan titik data dalam pembuatan tautan, metrik dan titik data tersebut:
Dalam postingan ini saya sudah menjelaskan 3 Jenis Utama Metrik Pembuatan Tautan & Cara Menggunakannya dengan Berhasil, Terima kasih telah mengunjungi situs web kami.
Referensi :
www.suyachan.my.id